Pages

Sabtu, 03 Juli 2010

Jaringan Internet

Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) seperti Telkom Speedy, atau IndosatNet. Internet dapat diterjemahkan sebagai international networking (jaringan internasional), karena menghubungkan komputer secara internasional, atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia.

Internet dimulai ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Department of Defense USA) membangun sebuah jaringan komputer di tahun 1969, yang diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) dengan tujuan untuk menghubungkan beberapa komputer yang berada dibeberapa universitas melakukan riset militer, terutama untuk membangun jaringan komunikasi komputer yang mampu bertahan terhadap serangan nuklir. Jaringan ini berkembang terus, semakin banyak komputer yang terlibat, dan riset disisi pengembangan perangkat lunak juga berkembang. Pada bulan Mei tahun 1974, Vinton G.Cerf dari Stanford University dan Robert E.Kahn dari Departemen Pertahanan USA, mempublikasi sebuah paper di IEEE Transaction on Communication berjudul “A Protocol for Packet Network Intercommunication”, konsep ini kemudian populer sebagai protokol TCP/IP, ketika ARPANET meng-adopsi protokol menjadi protokol standard untuk ARPANET pada tahun 1983. Pihak universitas terutama University of California at Berkeley kemudian membangun sistem operasi Berkeley Software Distribution Unix) atau BSD UNIX (dikenal dengan nama Free BSD Unix) dan pihak departemen pertahanan membiayai Bolt Baranek dan Newman (BBN) untuk meng-implementasi protokol TCP/IP pada BSD Unix untuk diterapkan pada ARPANET, dengan demikian cikal-bakal internet terbentuk.

Pada penghujung tahun 1983, jaringan ARPANET dibagi dua menjadi DARPANET (Defence ARPANET) dan MILNET (MILitary NETwork). Pada tahun 1985 dibentuklah jaringan NFSNET (National Science Foundation NETwork) untuk menghubungkan supercomputer yang ada diberbagai universitas di Amerika dan disambungkan dengan ARPANET. Jaringan NSFNET dikembangkan terus oleh periset perguruan tinggi. Pada tahun 1988 jaringan backbone internet ini hanya berkapasitas 56 Kbps. Walaupun pada tahun 1990 secara resmi ARPANET ditutup, namun jaringan internet yang telah terbentuk diteruskan oleh pihak universitas di Amerika dan memasukkan jaringan universitas di benua Amerika (Kanada dan Amerika Selatan) serta jaringan di Eropa menjadi bagian dari internet. Pada tahun 1992 jaringan backbone ditingkatkan ke T3 dengan kecepatan 45 Mbps, dan disekitar tahun 1995 ditingkatkan lagi menjadi OC-3 pada kecepatan 155 Mbps. Kini backbone internet berkecepatan tinggi dalam order Gbps.

Topologi internet pada dasarnya adalah mesh-topology, menghubungkan banyak jenis jaringan melalui sistem packet-switching, kalaupun bisa dikatakan yang menjadi pusat-nya adalah beberapa NAP (Network Access Point) yang ada di San Fransisco (Pacific Bell), di Chicago (Ameritech), New Jersey (Sprint), dan Merit Access Exchange (MAE) di San Fransisco (MAE West) dan Washington, D.C (MAE East) yang ditangani oleh MFS Datanet.

Walaupun tidak ada organisasi yang memiliki internet, namun ada banyak organisasi yang memelihara jaringan ini melalui penetapan standarisasi protokol, aturan-aturan, serta metoda akses. Internet Engineering Task Force (IETF) menangani masalah-masalah teknis yang timbul di internet, seperti masalah pada protokol, arsitektur dan pengoperasian internet. Internet Research Task Force (IRTF) menangani riset teknis, seperti sistem pengalamatan dan rekayasa lainnya. Internet Assigned Numbers Authority (IANA) mengatur pembagian alamat IP (IP#) ke berbagai negara dan organisasi. Internet Society (ISOC) menangani masalah administrasi dan struktur organisasi internet.

Badan usaha komersil kemudian menyediakan layanan akses dengan menyediakan koneksi dari komputer pengguna ke internet, dan badan ini disebut sebagai penyedia akses internet atau ISP. Beberapa ISP terkenal di dunia adalah America On Line (AOL), Australia OnLine, CompuServe, GEnie, dan Prodigy. Di Indonesia ada TelkomNet, IndosatNet, Wasantara Net, InterNux, dan sebagainya. ISP menyediakan koneksi dial-up melalui modem-telepon, koneksi wireless melalui antena WLAN, atau koneksi ADSL melalui telepon. Protokol koneksi yang digunakan adalah SLIP (Serial Line Interface Protocol) atau PPP (Point-to-Point Protocol), dimana koneksi SLIP biasanya lebih lambat dari PPP.


Secara logis jaringan internet dibagi kedalam beberapa domain, yang menurut standar IPv4 (Internet Protocol version 4) di-identifikasi melalui nomer IP 32 bit atau 4 angka biner yang dipisahkan dengan titik (seperti 192.168.10.25). Tipe domain standar antara lain:

  • .com = organisasi komersil
  • .edu = institusi pendidikan di Amerika
  • .ac = institusi akademik
  • .gov = institusi pemerintah
  • .mil = organisasi militer
  • .net = penyedia akses jaringan
  • .org = organisasi non-profit

Disamping itu domain juga dibagi berdasarkan negara, misalnya:

  • .au = Australia
  • .ca = Kanada
  • .id = Indonesia
  • .jp = Jepang
  • .my = Malaysia
  • .sw = Swedia
  • .th = Thailand

Sebagai contoh Universitas Islam Negeri Alauddin memiliki alamat uin-alauddin.ac.id sebagai salah satu institusi akademik di Indonesia, sebagai penyedia akses jaringan, Indosat memiliki kode alamat indosat.net.id, dan sebagainya.

MOUSE MASA DEPAN

Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus. Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.

Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

Apa itu Jaringan Komputer?


Jaringan komputer dapat diartikan sebagai sebuah rangkaian dua atau lebih komputer. Komputer-komputer ini akan dihubungkan satu sama lain dengan sebuah sistem komunikasi. Dengan jaringan komputer ini dimungkinkan bagi setiap komputer yang terjaring di dalamnya dapat saling tukar-menukar data, program, dan sumber daya komputer lainnya seperti media penyimpanan, printer, dan lain-lain. Jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer yang berada pada lokasi berbeda dapat juga dimanfaatkan untuk mengirim surat elektronik (e-mail), mengirim file data (upload) dan mengambil file data dari tempat lain (download), dan berbagai kegiatan akses informasi pada lokasi yang terpisah.

Tujuan utama dari sebuah jaringan komputer adalah sharing resource (baca: sumber daya), dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki komputer lain yang berada dalam jaringan yang sama.

Perkembangan teknologi komunikasi data dan jaringan komputer dewasa ini sudah tidak terbatas lagi hanya pada komputer. Berbagai perangkat teknologi komunikasi yang hadir saat ini berkembang mengikuti perkembangan teknologi komputer, banyak diantaranya mengintegrasikan perangkat komputer seperti mikroprosesor, memori, display, storage, dan teknologi komunikasi ke dalamnya padahal dulunya teknologi ini dikembangkan untuk komputer yang dapat kita temui saat ini sudah ikut digunakan pada teknologi jaringan komputer.

Suatu jaringan komputer terdiri atas:

  • minimal dua buah komputer
  • kartu jaringan (network interface card / NIC) pada setiap komputer
  • medium koneksi, yang menghubungkan kartu jaringan satu komputer ke komputer lainnya, biasa disebut sebagai medium transmisi data, bisa berupa kabel maupun nirkabel atau tanpa-kabel (wireless seperti radio, microwave, satelit, dsb).
  • perangkat lunak sistem operasi jaringan (network operating system software / NOSS) yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan sistem jaringan, misalnya: Microsoft Windows 2000 server, Microsoft Windows NT, Novell Netware, Linux, dan sebagainya.
  • peralatan interkoneksi seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway, apabila jaringan yang dibentuk semakin luas jangkauannya.

Kemajuan Teknologi Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Apa sih di kolong langit ini yang diperlukan tidak ada. Semua sudah tersedia, tergantung apa pilihan dan kebutuhan kita. Dikaitkan dengan kebutuhan anak-anak, semuanya tersedia, dari yang sederhana hingga yang hightech. Contohnya mainan, baterai sampai remote control ada, alat peraga buat melatih bicara dan berhitung juga lengkap tersedia sesuai dengan tingkat pengetahuan dan umurnya. Akhirnya, muncul ungkapan bernada pesimis, alangkah bodohnya anak-anak jaman sekarang jika tidak bisa mengembangkan talentanya.

Kemajuan teknologi memberikan pelbagai kemudahan. Internet menembus batas-batas negara. Masuk ke dalam rumah-rumah. Suka atau tidak suka, anak-anak pun jadi familiar dengan game. Bahkan ada yang sampai ketagihan duduk berjam-jam di depan komputer. Kalau hal seperti ini dibiarkan terus menerus tentu berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak itu sendiri. Anak-anak cenderung menutup diri, tidak mau bergaul dengan teman-temannya.

Kecanduan barang teknologi canggih ini sangat susah melepaskannya. Coba saja lihat kebiasaan anak-anak sekarang, pulang dari sekolah langsung duduk di depan TV/Komputer. Tidak ada yang mengawasi dan mendampingi. Bisa dibayangkan bagaimana tumbuh kembang anak-anak yang addict ini seperti ini.

Polemik tentang tayangan infotainment hendaknya membuat kita sadar, betapa arus info yang masuk ke ruang keluarga kita sudah semakin jauh dari kategori sehat. Tayangan kekerasan, seks, mistis dan gossip menjadi santapan harian anak-anak kita. Kita tentu berharap kedepannya pemerintah bisa lebih tegas mengatur tayangan-tayangan TV guna melindungi anak-anak.

9 Prediksi Perkembangan Seputar Dunia Internet di tahun 2010- 2019


1. Pada tahun 2010, Google AdWords akan mengumumkan prosedur untuk "pengadilan yang adil" untuk pengiklan yang dilarang oleh Google. Ini akan memungkinkan mereka untuk bermain "Polisi Baik - Polisi Jahat" dengan Anda jika akun Anda ditutup.



2. Twitter akan dijual kepada sebuah perusahaan besar dengan nilai sekitar US$ 500 juta.



3. Permasalahan berikutnya dalam iklan Pay-Per-Click adalah pengunjung yang menyimpan cookie pada situs Anda dan kemudian mereka mendapatkan iklan yang bertarget kontekstual lainnya di situs lain karena mereka menjelajahi Internet.



4. Pada tahun 2014, koran akan sangat berbeda daripada sekarang. Sebagian besar surat kabar lokal akan lenyap; kantor-kantor besar akan mengkonsolidasikan hanya ke beberapa koran contohnya seperti New York Times, USA Today dan Wall Street Journal.



5. Industri musik menuju ke arah yang sama. Band yang berhasil selama 10 tahun mendatang akan menjadi orang-orang yang mencari cara untuk menghubungkan langsung ke penggemar dan pendengar mereka melalui media sosial dan pemasaran langsung. Seorang artis rekaman yang ahli membuat CD, menyusut dari US$ 50 ribu turun ke US$ 15ribu sekarang ini, karena pembajakan dan distribusi digital yang mulai menyusut. Band-band musik sekarang ini sedang mencari beberapa mekanisme lain. Diprediksikan bahwa keanggotaan dan kontinuitas model adalah masa depan industri musik dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan internet yang terjadi.



6. Akan selalu ada permintaan untuk konten yang sangat baik, terlepas dari apa yang terjadi pada jaringan TV, perusahaan rekaman, dll. Contoh kasus : DVD dan penjualan iTunes yang tinggi karena konten yang dibuat secara luar biasa.



7. Buku-buku elektronik (ebook) akan meningkat dengan pasti. Namun, majalan dan buku-buku yang bagus tidak akan pernah menghilang.



8. Website HTML tradisional dibuat oleh editor HTML dan di-upload melalui FTP akan menjadi sebuah sejarah dengan cepat dan digantikan oleh CMS (Content Management System) dan platform seperti Wordpress dan Joomla.



9. Wikipedia akan diam terhadap kritikan-kritikan. Jelas ini sangat praktis dan bekerja sepenuhnya menggantikan ensiklopedia tradisional. Namun, vandalisme adalah masalah konstan untuk beberapa kategori. Wikipedia selalu memiliki reputasi untuk memfitnah orang dan topik yang kontroversial. Tapi mereka membersihkannya, dan sebagian besar melakukan pekerjaan yang sangat baik. Tidak ada yang dilakukan lebih dari untuk membawa gerakan Open Source kepada massa.
 
Blogger Templates