Pages

Sabtu, 03 Juli 2010

Kemajuan Teknologi Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Apa sih di kolong langit ini yang diperlukan tidak ada. Semua sudah tersedia, tergantung apa pilihan dan kebutuhan kita. Dikaitkan dengan kebutuhan anak-anak, semuanya tersedia, dari yang sederhana hingga yang hightech. Contohnya mainan, baterai sampai remote control ada, alat peraga buat melatih bicara dan berhitung juga lengkap tersedia sesuai dengan tingkat pengetahuan dan umurnya. Akhirnya, muncul ungkapan bernada pesimis, alangkah bodohnya anak-anak jaman sekarang jika tidak bisa mengembangkan talentanya.

Kemajuan teknologi memberikan pelbagai kemudahan. Internet menembus batas-batas negara. Masuk ke dalam rumah-rumah. Suka atau tidak suka, anak-anak pun jadi familiar dengan game. Bahkan ada yang sampai ketagihan duduk berjam-jam di depan komputer. Kalau hal seperti ini dibiarkan terus menerus tentu berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak itu sendiri. Anak-anak cenderung menutup diri, tidak mau bergaul dengan teman-temannya.

Kecanduan barang teknologi canggih ini sangat susah melepaskannya. Coba saja lihat kebiasaan anak-anak sekarang, pulang dari sekolah langsung duduk di depan TV/Komputer. Tidak ada yang mengawasi dan mendampingi. Bisa dibayangkan bagaimana tumbuh kembang anak-anak yang addict ini seperti ini.

Polemik tentang tayangan infotainment hendaknya membuat kita sadar, betapa arus info yang masuk ke ruang keluarga kita sudah semakin jauh dari kategori sehat. Tayangan kekerasan, seks, mistis dan gossip menjadi santapan harian anak-anak kita. Kita tentu berharap kedepannya pemerintah bisa lebih tegas mengatur tayangan-tayangan TV guna melindungi anak-anak.

Tidak ada komentar:

 
Blogger Templates