Pages

Jumat, 09 September 2011

Baidu Yi – OS Android buatan China


Baidu Yi merupakan OS Mobile terbaru berbasis Android buatan Baidu yang merupakan raksasa search engine di China dan merupakan pesaing Google.

Berbasis Android yang open source, Baidu telah membuat OS mobile versinya sendiri dengan bundle applikasi bawaan seperti peta (Maps), Yue (Applikasi Reader), Shen Bian (mirip Google Places) sinkronisasi cloud, Ting (download musik), dan pencarian berbasis Baidu.

Platform web apps di “Baidu Yi” juga sangat mirip dengan yang ditawarkan Google, dengan applikasi AJAX yang dapat didownload dan terinstall secara lokal, yang membedakannya adalah applikasi berbasis IE ketimbang menggunakan Google Chrome.

Android sebenarnya sangat populer di China, tapi karena Google menolak kebijakan sensor di China maka Google terpaksa menaruh servernya di Hongkong yang membuat user di China daratan sangat lambat dalam mengakses layanan Android berbasis Google. (Karena bandwith mereka dibatasi oleh pemerintah China)

Adanya fakta diatas akan membuat Baidu memiliki pasar tersendiri di masyarakat China. Namun sampai berita ini ditulis belum jelas handphone apa yang akan menggunakan OS buatan China ini.

Tidak ada komentar:

 
Blogger Templates