Pages

Selasa, 06 Juli 2010

Audi A8 Mobil Pertama di Dunia dengan Peranti Hotspot Akses Internet

Para penumpang mobil Audi A8 baik yang berada di depan maupun belakang, kini bisa mengakses internet secara bersamaan melalui wireless local area network (WLAN) atau modul nirkabel dengan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS). Pabrikan asal Jerman itu, menyediakan delapan terminal untuk komputer jinjing, Apple iPad, netbook, serta gadget telekomunikasi. “Dengan fitur hotspot itu, para penumpang mobil baik yang berada di depan maupun belakang dapat mengakses internet seperti menggunakan jaringan di kantor,” sebut siaran pers Audi seperti dikutip autofeat.com, Selasa (8/6).

Audi mengklaim, top produknya A8 merupakan mobil pertama di dunia yang menawarkan hotspot atau wireless LAN (WLAN) yang langsung dipasang di pabrik untuk mengakses internet. Dengan cara tersebut, penumpang di depan dan belakang A8 secara bersamaan bisa mengakses internet melalui modul WLAN atau tanpa kabel yang disatukan pada mobil bersama Universal Mobile Telecommunications System (UMTS). Untuk ini, di interior disediakan delapan terminal untuk laptops, Apple iPad, netbook dan gadget komunikasi lainnnya.

Kendati, Audi tidak menyebutkan kapan perlengkapan akses internet berjalan dipasarkan, beberapa media otomotif memperkirakan, produsen mobil asal Ingolstadt itu akan memulainya tahun depan.”Untuk pasar Amerika Serikat (AS), produk ini masih dipelajari lagi. Terlalu dini membicarakan harga atau kapan mobil ini akan dipasarkan di AS,” ujar Christian Bokich juru bicara Audi AS tentang rencana Audi tersebut.

Menurut rilis Audi, dengan fitur hotspsot akses internet nirkabel tersebut, pemakai di mana pun pengemudi dan penumpang Audi A8 berada, mereka seperti di kantor.Pasalnya, mereka tetap bisa mengembara di dunia maya sembari melaju dengan mobil, antara lain mengakses infiormasi, data, e-mail dari jaringan perusahaan atau mengunduh aplikasi mutakhir untuk iPad. Untuk keamanan data, menurut Audi dijamin terjaga dengan baik karena dienkrip sebelum disimpan.

Kecepatan, internet hotspot Audi A80 ini cukup tinggi, yaitu 7,2 Mbit/detik. Cara pengoprasiannya pun gampang. Tinggal mencolokkan kartu SIM yang menyalurkan data ke telepon selular melalui Bloetooth.Perlekangkapan komunikasi dengan jaringan internet ini ditempatkan melalui antena di atap Audi A8 dengan modul UMTS yang dimiliki mobil. Dengan cara ini stabilitas koneksi dengan kualitas penerimaan sinyal yang sangat baik bisa dipertahankan.

Tidak ada komentar:

 
Blogger Templates